PERAN PENYULUHAN KOMPOS DI DESA BANGUN REJO DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA

Karmini Karmini, Karyati Karyati, Kusno Yuli Widiati

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran penyuluhan kompos dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan sampah rumah tangga. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 hingga Februari 2022 di Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Metode sensus digunakan dengan jumlah responden sebanyak 40 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Run dan Uji Pangkat Bertanda Wilcoxon. Pengetahuan dan keterampilan peserta penyuluhan berbeda sangat signifikan dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Pengetahuan dan keterampilan peserta penyuluhan dalam pengelolaan sampah rumah tangga meningkat secara sangat signifikan setelah mengikuti penyuluhan atau lebih tinggi dibandingkan sebelum penyuluhan. Penyuluhan tentang kompos sebaiknya digalakkan di berbagai tempat karena berperan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta penyuluhan dalam pengelolaan sampah rumah tangga.

Kata Kunci


Keterampilan; kompos; pengetahuan; penyuluhan; sampah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, C., Indro, H.R., Triyantoro, B., dan Wibowo, G.M. (2019). Pembuatan Pupuk Kompos dengan Komposter dalam Pemanfaatan Sampah di Desa Bringin Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Jurnal LINK, 15(1), 46-49.

Karmini. (2020). Statistika Non Parametrik. Samarinda: Mulawarman University Press.

Karyati, Widiati, K.Y., Mulyadi, R., Karmini, Adani, W.R., dan Rivanti, S. (2022). Pembuatan Kompos Sebagai Upaya Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga. Jurnal ABDIKU, 1(1), 1-5.

Krismawati, A. dan Hardini, D. (2014). Kajian Beberapa Dekomposer Terhadap Kecepatan Dekomposisi Sampah Rumah Tangga. Buana Sains, 14(2), 79-89.

Kurniaty, Y., Nararaya, W.H. B., Turawan, R. N., dan Nurmuhamad, F. (2016). Mengefektifkan Pemisahan Jenis Sampah Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Terpadu di Kota Magelang. Varia Justicia, 12(1), 135-150.

Mardwita, M., Yusmartini, E.K., Kalsum, U., Rifdah, R., dan Angkasa, Z. (2018). Penyuluhan Pembuatan Kompos dari Limbah Rumah Tangga Menggunakan Komposter di Kelurahan Kebun Bunga Palembang. Jurnal Widya Laksana, 7(2), 171–177.

Mardwita, Yusmartini, E.S., Melani, A., Atikah, dan Ariani, D. (2019). Pembuatan Kompos dari Sampah Organik Menjadi Pupuk Cair dan Pupuk Padat Menggunakan Komposter. Suluh Abdi, 1(2), 80-83.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nur, T., Noor, A.R., dan Elma, M. (2016). Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Sampah Organik Rumah Tangga dengan Penambahan Bioaktivator EM4 (Effective Microorganisms). Konversi, 5(2), 5-12.

Suhastyo, A.A. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 63-68.

Windiani, W. (2011). Pengelolaan Limbah Domestik Berbasis Komunitas di Kawasan Daerah DAS Tawing: Studi Kasus di Kabupaten Trenggalek. Jurnal Sosial Humaniora, 4(1), 26-39.




DOI: https://doi.org/10.36087/jrp.v6i2.152

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing :

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.