KINERJA RUAS JALAN PADA REVITALISASI POLDER AIR HITAM KOTA SAMARINDA

Tukimun Darmo Suwito, Suharto Suharto

Sari


Analisa kinerja ruas jalan ini bertujuan untuk melihat dampak transportasi pada ruas jalan di sekitar lokasi revitalisasi polder air hitam dengan melakukan analisis kondisi existing dan kondisi masa depan (tahun 2030) baik itu kondisi Do-Nothing dan Do-Something. Analisis dengan menggunakan metode MKJI 1997 dan pemodelan Vissim. Hasil dari kondisi existing menunjukkan kondisi LOS pada pagi dan siang hari antara C-A yang artinya masih aman. Namun pada sore hari mulai ada terjadi kemacetan pada ruas-ruas jalan yang ada. Kemudian dilakukan analisis untuk masa mendatang tahun 2030 (Do-Something), kondisi LOS semakin parah yaitu nilai LOS adalah D-E pada pagi dan siang hari. Kondisi pada sore hari semakin parah dimana LOS yang terjadi pada posisi E-C dan hanya beberapa yang dengan nilai LOS adalah B. Dengan melakukan rekayasa lalu-lintas (Do-Something) menunjukkan kondisi LOS pada pagi hari berada pada rentang C-B (aman). Pada kondisi siang hari hampir sama dengan kondisi pada pagi hari yaitu nilai LOS adalah C-B (aman). Untuk sore hari ada 2 ruas yang kondisinya masih mengalami kemacetan yaitu pada ruas jalan 10 dan 11 yaitu pada jalan Letjen. Suprapto (Jl. Pembangunan) pada kedua arahnya.


Kata Kunci


Kinerja Lalu-Lintas; Polder Air Hitam; Kota Samarinda

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi, A.S., (2019), Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Akibat Adanya Hambatan Samping di Badan Jalan, Kurva S, Vol.7, No.1, http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEKNIKD/article/view/4286.

Ali, M., (2019). Persepsi Masyarakat Tentang Penanggulangan Banjir di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda, eJournal Sosiatri-Sosiologi, 7 (4): 195-206, Fisip Unmul.

Badan Pusat Statistik, (2022). Samarinda dalam Angka 2022, Samarinda, Kalimantan Timur.

Direktorat Jendral Bina Marga, (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, Departemen Perkerjaan Umum, Jakarta.

Sudibyo, A., dkk., (2017). Analisa Pelayanan Lalu Lintas dan Biaya Operasional Kendaraan Pasca Operasional fly Over Air Hitam, Kota Samarinda. Jurnal Inersia, Vol 9, No 2, Teknik Sipil, Politeknik Negeri Samarinda. DOI: https://doi.org/10.46964/inersia.v9i2.511 .

Tamin, O. Z, (2006). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi Edisi Kedua, Insitut Teknologi Bandung: Bandung.

Tukimun & Agustaniah, R., (2023(, Analisis Transportasi Kawasan Niaga Panglima Batur Kota Samarinda, Rang Teknik Journal Vol.6, No. 2 Hal. 112-117, DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v6i2.4049.

US – HCM. (1995). The 1985 Highway Capacity Manual: A Summary, U.S. Department of Transportation, Federal Highway Administration, Universitas Michigan.




DOI: https://doi.org/10.36087/jrp.v5i2.137

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing :

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.