POTENSI INDUSTRI HALAL DI INDONESIA: SEBUAH TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS
Sari
Industri halal kini menjadi tren di berbagai penjuru dunia. Bukan hanya di negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim, industri halal juga mulai berkembang di negara-negara dengan mayoritas penduduk non-Muslim. Hal ini terjadi karena aspek halal dianggap sebagai indikator universal untuk menjamin kualitas produk dan standar hidup. Oleh karena itu, industri halal memiliki peluang besar untuk menguasai pasar global jika dikembangkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi industri halal di Indonesia melalui peninjauan terhadap berbagai karya ilmiah sebelumnya. Dalam penelitian ini menggunakan metode SLR (Sytematic Liberature Review) Sebanyak 16 karya ilmiah yang membahas industri halal dengan sumber metadata dari Google Scholar dalam rentang waktu 2018-2022 telah dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim, sektor makanan halal merupakan sektor unggulan yang memiliki potensi besar dalam industri halal di Indonesia. selain itu, terdapat sektor yang tidak kalah memiliki potensi besar di negara Muslim khususnya Indonesia yakni meliputi sektor fesyen halal, parawisata halal, keuangan syariah, kosmetik dan farmasi halal. Dalam hal ini kerjasama antara konsumen, produsen dan pemerintah sangat diperlukan untuk mendukung kemajuan dan perkembangan potensi industri halal baik dalam lingkup nasional maupun dunia.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aisyah, Siti; Rohmah, Y. F. (2022). Urgensi Lebel Halal Untuk Produk UMKM. IZZI Jurnal Ekonomi Islam, 2(3).
Al Mubarak, M. A. R., Malihah, L., Muminah, & Mamun, M. Y. (2023). Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal. Al Adl: Jurnal Hukum, 15(1), 214–231.
Antin Rakhmawati, & Muhammad Nizar. (2023). Analysis of Small Business Performance in Terms of Islamic Financial Literacy and Inclusion. Malia (Terakreditasi), 14(2), 269–285. https://doi.org/10.35891/ml.v14i2.4138
Aslikhah. (2023). Pentahelix Synergy in Halal Certification of Micro and Small Business Products at the Purwosari MSME Center (SEKAR). Malia (Terakreditasi), 15(1), 70–82. https://doi.org/10.35891/ml.v15i1.4727
Aulia, Khairunnisa, Ghazali Sumanang Muhktar, Dadang, J. (2022). Sistematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846–1856.
Azizah, Nur, Rizkinikmatusholihah, Santoso, M. A. (2022). Perkembangan Industri Halal di Indonesia. Journal Of Economics Studies And Practice, 1(2), 219–232.
Faried, A. I. (2019). Implementasi Model Pengembangan Industri Halal Fashion di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 4(2).
Fathoni, M. A. (2020). Potret industri halal Indonesia: Peluang dan tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.
Fitriani, Desi dan Putra, A. (2022). Systematic Literarture Review (SLR): Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Tradisional. Journal Of Mathematics Education and Learning, 2(1).
Harizah, Siti dan Usman, M. (2022). Industri Halal dalam Perspektif Ekonomi Islam. Izzi: Jurnal Ekonomi Islam, 2(3).
Hasan, A., & Hamdi, B. (2022). Perkembangan dan tantangan Halal Fashion Indonesia Dalam Menjadi Produsen Utama Industri Halal Global. Al Azhar: Journal of Islamic Economics., 4(2). https://doi.org/10.37146/ajie.v4i2.134
Kamase, J.; S.; G. A. A. (2022). Peran Industri Halal dalam Mendongkrak Ekonomi Pada Era New Normal. Journal Of Management & Business, 4(3), 606–614.
Kamila, E. F. (2021). Peran Industri Halal Dalam Mengdongkrak Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Di Era New Normal. LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal.
Lubis, A. I. F. (2019). Implementasi Model Pengembangan Industri Halal Fashion Di Indonesia. JEPA: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 4(2). https:jurnal.pancabudi.ac.id/indeks.php/jepa/article/view/585
Malihah, Lola; Anwar, Mukhlis Kaspul; Meilania, Gusti Tasya; Amalia, R. (2023). Pengaruh Brand Image dan Halal Branding Terhadap Minat Pembelian Produk Kosmetik (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura). Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan STIMI Banjarmasin, 7(1).
Muhammad Fahmul Iltiham, & Nizar, M. (2020). Pengaruh Label Halal Majelis Ulama Indonesia (Mui), Harga Pada Oleh-Oleh Makanan Khas Pasuruan Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian. Malia (Terakreditasi), 11(2), 311–326. https://doi.org/10.35891/ml.v11i2.2149
Nasrullah, A. (2018). Analisis Potensi Industri Halal Bagi Pelaku Usaha Di Indonesia. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah, 6(1). https://ejournal.stait-tahdzib.ac.id/tahdzib/article/view/230
Nasution, L. Z. (2020). Penguatan Industri Halal bagi Daya Saing Wilayah: Tantangan dan Agenda Kebijakan. Journal of Regional Economics Indonesia.
Pambudi, S., & Rahmi, D. H. (2022). Sikulus Hidup Wisata Alam Top Selfie Pinusan Kragilan di Taman Nasional Gunung Merbabu. Jurnal Riset Pembangunan Balitbang Kaltim, 4(2), 105–112. https://doi.org/10.36087/jrp.v4i2
Pujayanti, D. A. (2020). Industri halal sebagai paradigma bagi sustainable development goals di era revolusi industri 4.0. Youth &Islamic Economic.
Pujianty, D., & Wibowo, P. (2019). Geliat Provinsi Kalimantan Timur Pasca Pemekaran Daerah. Jurnal Riset Pembangunan Balitbang Kaltim, 1(2), 58–70. https://doi.org/10. 36087/jrp.v1i2
Putra, A.; W. (2021). Sistematic LiteratureReview: Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1).
Qoni’ah, R. (2022). Tantangan dan Strategi Peningkatan Ekspor Produk Halal Indonesia di Pasar Global. Halal Research Journal, 2(1). https://doi.org/10.12962/j22759970.v2i1.246
Razali, R., Syahputra, A., & Ulfah, A. K. (2021). Industri halal di Aceh: Strategi dan perkembangan. Jurnal Al-Qardh.
Santoso, L., & Cahyani, Y. T. (2020). Pengaturan wisata halal untuk pembangunan daerah: transformasi industri halal di era disrupsi. Supremasi Hukum: Jurnal Kajian Ilmu Hukum, 9(1). https://doi.org/10.14421/sh.v9i1.2130
Saputri, O. B. (2020). Pemetaan potensi indonesia sebagai pusat industri halal dunia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2). https://doi.org/10.30651/jms.v5i2.5127
Saputro, S. N., & Wibisono, B. H. (2023). Pembangunan dan Pelestarian Komunitas Adat Kasepuhan Ciptagelar Melalui Pariwisata. Jurnal Riset Pembangunan Balitbang Kaltim, 5(2), 56–73.
Sri Mulyani, Munawar Ismail, & Aunur Rofiq. (2022). Percepatan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Pengembangan Sektor Industri Halal di Indonesia. Malia (Terakreditasi), 13(2), 167–180. https://doi.org/10.35891/ml.v13i2.3157
Suhaimi, M., & Marliyah, M. (2023). Peluang dan tantangan industri halal menuju pusat industri global. EKONOMI: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1). https://doi.org/10.58432/ekonom.v3i1.768
Sri Mulyani, Munawar Ismail, & Aunur Rofiq. (2022). Percepatan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Pengembangan Sektor Industri Halal di Indonesia. Malia (Terakreditasi), 13(2), 167–180. https://doi.org/10.35891/ml.v13i2.3157
Suhaimi, M., & Marliyah, M. (2023). Peluang dan tantangan industri halal menuju pusat industri global. EKONOMI: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1). https://doi.org/10.58432/ekonom.v3i1.768
Sukmawaningrum, F., & Nasrullah, A. (2019). Eksplorasi Peran Perbankan Syariah dalam memajukan Industri halal di sektor makanan halal. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 5(2), 17–32.
Sulistiani, S. L. (2019). Analisis maqashid syariah dalam pengembangan hukum industri halal di Indonesia. Law and Justice.
Ulfah, M., Malihah, L., Muyasarah, I., & Zaini, A. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pemmbelian Produk Frozen Food Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura. Jurnal Scientific, 9(3), 1–8.
Utari, D., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2022). Industri Halal Berkontribusi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Era Pandemi Covid-19: Peluang Dan Tantangan. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika. https://doi.org/10.46306/jbbe.v15i1.119
Waharini1, F. M., & Purwantini, A. H. (2018). Model Pengembangan Industri Halal Food di Indonesia. smartlib.umri.ac.id.
Yulia, Lady, Agama, K., & Indonesia, R. (2015). Halal Products Industry Development Strategy Strategi Pengembangan Industri Produk Halal. Jurnal Bimas Islam Kemenag, 8(1), 121–162.
DOI: https://doi.org/10.36087/jrp.v7i1.179
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexing :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.